Oleh : I Komang Oka Ardana
1.
Mantra Tri Sandya
Om bhur bhuwah swah
tat sawitur waremnyam
bhargo dewasya dhimahi
dhiyo yo nah pracodayat
Om
Narayana ewedam sarwam
yad bhutam yac ca bawyam
niskalanko niranjano
nirwikalpo nirakyatah
suddho dewa eko
narayana na dwityo
asti kacit
Om
Twam siwah twam mahadewah
Iswarah parameswarah
Brahma wisnuca rudrasca
Purusah parikertitah
Om
Papa ham papakarmaham
papatma papasambhawah
trahiman pundarikkasa
sabahyabyantarah sucih
Om
Ksamaswa mam mahadewa
sarwaprani hitangkara
mam moca sarwa papebhyah
palayaswa sada siwa
Om
Ksantawyah kayiko dosah
ksantawyo wacika mama
ksantawyo manaso dosah
tat pramadat ksamaswa mam
Om
Santih, Santih, Santih Om
Dari mantra di
atas dapat saya kaji bahwa pada bait kedua mantra Tri Sandya menyebutkan
Narayana, dan itu berarti bait kedua dalam mantra Tri Sandya telah mendapat
pengaruh dari sekte Waisnawa. Pada bait ketiga mantra Tri Sandya menyebutkan
Siwa, Mahadewa, Iswara, Parameswara, Brahma, Wisnu, Rudra, dan Purusa. Dari
penyebutan dewa-dewa tersebut berarti dalam bait ketiga banyak sekte yang masuk
dan sudah tampak penyatuan Siva Sidhantanya.
2. Mantra
Kramaning Sembah
a.
Sembah Puyung
Om atma tattwatma suddha mam swaha
b.
Menyembah Hyang Widhi sebagai Sang Hyang
Raditya (Sarana Bunga)
Om adityasya param jyoti,
rakta teja namostute.
sweta pangkaja madhyastha,
bhaskaraya namo stute
c.
Menyembah Tuhan sebagai Ista Dewata
(Sarana Kwangen)
Om namo dewa adhisthanaya,
sarwa wyapi wai Siwaya,
padmasana eka pratisthanaya,
ardhanareswaryiya namo namah
d.
Menyembah Tuhan sebagai Pemberi Anugrah
(Sarana Kwangen)
Om Anugraha manohara,
dewatdatanugrahaka,
arcanam sarwa pujanam
nama sarwa nugrahaka.
Om Dewa dewi mahasiddhi,
Yajnanga nirmalatmaka,
Laksmi siddhisca dirgayuh,
Nirwighna sukha wrddhisca
e.
Sembah Puyung
Om dewa suksma paramacintyaya namah
swaha
Dari
mantra Kramaning Sembah di atas dapat saya kaji bahwa pada bait kedua menyebutkan
adhityasya dan adityasya merupakan
Sang Hyang Surya, pada bait ini tampak jelas telah dipengaruhi oleh sekte sora.
Pada bait ketiga menyebutkan Siwaya
yang berarti Siva, jelas pada bait ini telah di pengaruhi oleh sekte Siva
Siddhanta. Jadi pada mantra Kramaning Sembah sudah tampak jelas penyatuan Siva
Siddhantanya.
3.
Doa Sehari-hari
a.
Doa mencuci tangan
Om Ang Argha dwaya ya namah
Artinya
:
Oh
Hyang Widhi semoga kedua tangan hamba bersih.
b.
Doa mencuci mulut
Om Jang Jihwaya ya namah
Artinya
:
Oh
Hyang Widhi semoga mulut hamba bersih.
c.
Doa membersihkan kaki
Om Pang pada dwaya ya namah
Artinya
:
Oh
Hyang Widhi semoga kaki hamba bersih.
d.
Doa membersihkan Bunga
Om Puspa Danta ya namah svaha
Artinya
:
Oh
Hyang Widhi, sucikanlah bunga ini.
e.
Doa untuk Dupa
Om Ang Dupa dipastra
ya namah
Artinya
: Ya Tuhan, hamba mempersembahkan dupa ini.
f.
Doa untuk duduk
Om Prasada sthiti carira civa suci
nirmala ya namah svaha
Artinya
:
Ya
Tuhan dalam wujud ciwa, suci tak ternoda, hormat hamba, hamba telah duduk
dengan tenang.
Dari
mantra-mantra di atas dapat saya kaji bahwa mantra-mantra tersebut sudah
merupakan penyatuan dari sekte-sekte ke dalam Siva Siddhanta. Karena
mantra-mantra di atas menyebutkan kata “Om”
yang berarti Tuhan, dan Tuhan merupakan Siva itu sendiri. Dimana pada mantra
duduk disebutkan “Om Prasada Sthiti
carira civa suci nirmala ya namah svaha”. Pada bait tersebut jelas bahwa
civa merupakan Tuhan itu sendiri dan pada mantra-mantra tersebut sudah jelas
penyatuan Siva Siddhantanya.
4.
Mantra Saraswati
Om
Brahma Putri Maha Dewi,
Brahmanya
Brahma Wandhini,
Saraswati
Sayajanam,
Praja
Naya Saraswati,
Om,
Saraswati dipata ya namah
Artinya :
Ya Tuhan, sakti-Mu selaku Maha Dewi dari
Brahma, Pancaran Pradana dari Brahma, Saraswati dewi kemampuan berpikir,
Saraswati yang tak ada tara kebijaksanaan-Nya, Ya Dewi Saraswati, hamba
menyembah pada-Mu.
Dari
mantra di atas dapat saya kaji bahwa dalam mantra tersebut menyebutkan kata “Om” yang berarti Tuhan, dan mantra ini
telah dipengaruhi juga oleh sekte Sakta yaitu Saraswati yang merupakan Sakti
dari Brahma. Dengan demikian Nampak jelas bahwa dalam mantra ini tedapat
penyatuan Siva Siddhanta.
5.
Mantra Tumpek Landep
Om
Sanghyang Pasupati Ang-Ung-Mang ya namah svaha
Om Brahma
astra pasupati, Visnu astra pasupati,
Siva
astra pasupati, Om ya namah svaha
Om
Sanghyang Surya Chandra tumurun maring Sanghyang Aji Sarasvati-tumurun maring
Sanghyang Gana, angawe pasupati maha sakti, angawe pasupati maha siddhi, angawe
pasupati maha suci, angawe pangurip maha sakti, angawe pangurip maha siddhi,
angawe pangurip maha suci, angurip sahananing raja karya teka urip, teka urip,
teka urip.
Om Sang
hyang Akasa Pertivi pasupati, angurip
Om eka
vastu avighnam svaha
Om Sang-Bang-Tang-Ang-Ing-Nang-Mang-Sing-Wang-Yang-
Ang-Ung-Mang,
Om Brahma pasupati,
Om Brahma pasupati,
Om Visnu Pasupati,
Om Siva
sampurna ya namah svaha
Dari mantra di atas dapat
saya kaji bahwa mantra tersebut menyebutkan banyak nama seperti Brahma, Visnu
(sekte vaisnawa), Siva (sekte Siva Siddhanta), Surya Chandra (sekte Sora),
Sarasvati (sekte Sakta), Sang Hyang Gana (sekte Ganapatya). Dari penyebutan
nama-nama tersebut dapat saya simpulkan bahwa dalam mantra ini banyak di
pengaruhi oleh beberapa sekte seperti sekte vaisnawa, sekte Siva Siddhanta,
sekte Sora, sekte Sakta sekte Ganapatya. Dalam mantra ini sudah tampak jelas
sekali penyatuan Siva Siddhantanya.
6.
Mantra
Pagerwesi
Om Giripati Maha Wiryam,
Mahadewa Pratista lingam,
Sarwa Dewa Pranamyanam,
Sarwa Jagat Pratisthanam
Om Giripati dipata ya namah
Artinya :
Ya
Tuhan, bergelar Giripati yang Maha Agung, Mahadewa dengan lingga yang mantap,
semua dewa sembah pada-Mu.
Ya
Giripati, hamba memuja-Mu.
Dari
Mantra di atas dapat saya kaji bahwa mantra tersebut menyebutkan kata “Om” yang berarti Tuhan dan merupakan
gabungan kata dari Ang-Ung-Mang yang tiada lain adalah Brahma, Visnu, Siva. Dan
dalam mantra tersebut juga menyebutkan “lingam”
yang merupakan Stana dari Dewa Siva. Dalam mantra ini jelas penyatuan Siva
Siddhantanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar